softwaregratis4download
Home » » Contoh Essay

Contoh Essay

Written By Revlist Over on Senin, 17 Desember 2012 | 18.40


PENDIDIKAN DAN KEJUJURAN

Apa sebenarnya tujuan dari pendidikan ? Tujuan dari pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahwa dengan pendidikan peserta didik mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga ia bisa meraih cita – cita yang ia inginkan di masa depan. Pendidikan berperan dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang mengacu pada konsep akademik yang dipilih oleh peserta didik sebagai jalan untuk meraih cita – citanya melalui pendidikan. Banyak cara dan usaha yang dilakukan oleh setiap peserta didik untuk meraih itu semua. Selain itu, pendidikan pun berperan dalam pembentukan karakter peserta didik yang bertujuan supaya peserta didik mempunyai kepribadian yang baik.
            Tapi di masa sekarang ini apakah tujuan pendidikan sudah terealisasikan? Dari beberapa kasus yang terjadi dalam dunia pendidikan, membuat pendidikan yang sekarang belum mempunyai konsistensi dan masih belum bisa berperan sepenuhnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Seperti salah satu contoh, program pemerintah seperti Ujian Nasional (UN) merupakan program turun temurun dari pemerintah yang menjadi syarat kelulusan peserta didik mulai dari SD, SMP sampai SMA atau SMK.  Program pemerintah itu dilaksanakan untuk mengukur kemampuan peserta didik selama ia duduk di tingkat satuan pendidikan. Banyak pro dan kontra dari program ini karena tak semuanya menerima program ini dan sifatnya memaksa. Berbagai pihak termasuk peserta didik sendiri menganggap program ini tidak adil karena untuk mencapai kelulusan selama belajar di tingkat satuan pendidikan ditentukan hanya beberapa hari dan hanya beberapa mata pelajaran saja yang di Ujian Nasionalkan. Karena keterdesakkan dan keterpaksaan ini banyak peserta didik yang menghalalkan segala cara termasuk dengan menyogok oknum - oknum tertentu di lembaga pendidikan supaya mereka bisa dikatakan lulus.
Bagaimana solusi dalam menghadapi dan menyikapi permasalahan tersebut ? Dari contoh kasus yang disebutkan diatas membuktikan bahwa sekarang pendidikan bisa diperjual belikan dan lebih memihak kepada pihak – pihak yang berduit. Mereka bisa mengatur pendidikan sesuai dengan keinginan mereka tanpa menghiraukan bahwa tindakannya itu dapat merugikan pihak – pihak tertentu terutama masyarakat miskin. Perlu adanya perbaikan dalam pendidikan dan disini lembaga pendidikan harus lebih tegas lagi dalam menindak oknum – oknum yang merugikan semua pihak ini demi mencerdaskan kehidupan bangsa dengan lebih meningkatkan kejujuran dalam dunia pendidikan agar tujuan pendidikan dapat terealisasikan.




0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. SUMBER ILMU . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website